Online Dengan Allah

Ada suatu fenomena menarik di masyarakat di zaman ini yang berkaitan dengan maraknya perkembangan teknologi informasi. Manusia mempunyai ketergantungan yang amat tinggi dengan teknologi informasi  khususnya akses ke internet melalui perangkat komputer, tablet, smart phone, dll. Peralatan komunikasi tersebut sangat membantu kehidupan manusia di dalam berbagai hal seperti belanja online, pendidikan online, dll. Begitu juga dengan maraknya perkembangan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter membuat masyarakat kita bisa berbagi informasi dengan teman ataupun keluarga dengan sangat mudah dan instant. Kitapun bisa melihat email, SMS kita setiap saat. Dengan kata lain masyarakat kita telah menjadi masyarakat “online” karena mudahnya akses ke internet.

Di dalam kehidupan kita sebagai seorang yang beriman pernahkan kita menyadari bahwa sesungguhnya kitapun juga akan sangat mudah online atau mempunyai akses ke Allah SWT, Tuhan yang menciptakan kita. Allah SWT berfirman di dalam Al Quran :

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka [jawablah], bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi [segala perintah] Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (186)

Di ayat ini Allah SWT memberitahukan kepada kita bahwa sesungguhnya Ia sangat dekat dengan orang orang yang berdoa kepadaNya. Imam Ahmad meriwayatkan suatu ketika seorang sahabat yang bernama Abu Musa Al-Ashari berkata “Suatu saat kita berada di tengah pertempuran, dan ketika kami menaiki bukit atau menuruni lembah, kami mengucapkan Allahu Akbar dengan suara yang keras dan lantang”. Ketika itulah Rasulullah mendatangi kami dan mengatakan “Hi Manusia sayangilah dirimu. Kalian bukan memanggil sesuatu yang tidak bisa mendengar atau jauh. Tapi yang kalian panggil adalah Yang Maha Pendengar dan Melihat. Ia adalah lebih dekat dengan kalian bahkan dari leher hewan peliharaan kalian sendiri. Maukah kalian aku ajarkan kalimat yang sangat berharga di surga. Kalimat itu adalah “La hawla wa la quwwata illa billah (Tidak ada sesuatu yang lebih kuat melainkan Allah SWT)”.

Online dengan Allah SWT pun tidak memerlukan proses yang rumit padahal Ia adalah Tuhan pencipta alam raya. Marilah kita bandingkan ketika kita mau berbicara dengan seseorang yang sangat berkuasa di suatu negeri seperti seorang raja atau presiden. Dalam situasi normal tentunya kita harus mengajukan permohonan dulu untuk bertemu. Kemudian permohonan kita akan di teliti lebih lanjut, dan staff raja atau presiden akan meneliti latar belakang kita, dsb. Setelah beberapa hari jika kita beruntung maka kita akan di izinkan bertemu dengan sang penguasa itupun hanya beberapa jam saja.

Sekarang marilah kita banding kan jika kita ingin berbicara atau online dengan Allah SWT, prosesnya sangatlah mudah dan praktis. Kita dapat online denganNya setiap saat dan di mana saja. Allah SWT membuka diriNya agar hambanya dapat online dan berdoa kepadaNya selama 24 jam. Tatkala kita online dengan Allah SWT kita bisa mengungkapkan segala isi hati kita kepadaNya baik itu berupa permohonan, keluhan masalah hidup, rasa syukur, maupun pujian kepada Allah SWT.

Imam Al Maududi mengatakan walaupun Allah SWT tidak dapat kita lihat, tapi ketahuilah bahwa sesungguhnya Ia sangat dekat dengan kita. Jangan pernah membayangkan kalau Allah SWT jauh dari kita. Meskipun di dalam doa kita tidak mengungkapkan dengan lisan kita Allah SWT mendengar apa yang kita ucapkan di dalam hati sanubari kita yang terdalam.

Kebiasaan online dengan Allah akan menumbuhkan sikap cinta kepada Allah. Kalau kita analogikan dengan cinta kepada mahluk, maka rasa cinta itu akan tumbuh dari proses pengenalan terlebih dahulu. Di dalam pengenalan tersebut ada proses melihat dan berbicara terhadap mahluk yang kita cintai. Dengan mata hati kita maka kita akan bisa mencintai Allah dengan melihat keindahan ciptaanNya. Kitapun bisa berbicara dengan Allah melalui sholat, doa, maupun membaca ayat ayat Al-Quran. Maka dari itu jika kita mengharapkan ridha dari Allah maka kita harus sering online dengan Allah SWT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s